• Wed. Nov 27th, 2024

    Gangguan IT Global Berdampak pada Layanan Maskapai di Bandara Soetta

    0
    (0)

    Sejumlah penumpang penerbangan saat mengantri di conter check in di Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta. ANTARA/Azmi Samsul Maarif.

    Tangerang (ANTARA) – Akibat gangguan operasi peralatan Microsoft yang terjadi di seluruh dunia, sejumlah sistem layanan check in counter penumpang penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang, Banten, juga terkena dampak.

    Karena gangguan IT tersebut, layanan penumpang penerbangan terpengaruh. Conter maskapai Citilink check-in di Terminal 3 Bandara Soetta pada Jumat malam terlihat seperti antrean panjang di pintu 4E.

    Dalam keadaan seperti ini, pengelola bandara dan maskapai penerbangan meningkatkan staf pelayanan untuk mengurangi jumlah penumpang yang terlalu banyak.

    Selain itu, terlihat bahwa banyak petugas melakukan check-in tiket penumpang secara manual.

    Cin Asmoro, Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, juga membenarkan insiden tersebut.

    Dia menyatakan bahwa beberapa pelayanan maskapai terkena dampak gangguan sistem IT ini, yang terjadi di banyak negara.

    Ungkapnya, “Proses keberangkatan, yang mencakup pengecekan penumpang pesawat dan bagasi, dilakukan secara manual, khusus oleh maskapai yang mengalami gangguan sistem IT serta didukung pembukaan lebih banyak konter pengecekan di bandara. Maskapai yang tidak mengalami gangguan sistem IT tetap memproses keberangkatan dengan menggunakan sistem IT mereka.”

    Selama beberapa maskapai mengalami gangguan sistem IT, personel maskapai melakukan check-in penumpang dan bagasi secara manual.

    “AP II mengimbau kepada calon penumpang pesawat agar dapat tiba lebih awal di bandara untuk memproses keberangkatan, dan berkoordinasi dengan maskapai. Maskapai penerbangan juga telah diinformasikan agar memberikan perkembangan terbaru secara berkala kepada penumpang,” ujarnya.

    Menurut Cin Asmoro, sistem IT di seluruh bandara perusahaan berfungsi dengan baik untuk melayani penerbangan dan penumpang pesawat.

    Dia menyatakan bahwa sistem IT AP II di dua puluh bandara AP II berjalan normal untuk mendukung operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang pesawat.

    Sumber Antaranews

    How useful was this post?

    Click on a star to rate it!

    Average rating 0 / 5. Vote count: 0

    No votes so far! Be the first to rate this post.

    0Shares

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *