Foto: Ilustrasi ecommerce. (Dok. Freepik)
Jakarta – Amazon baru-baru ini memperkenalkan platform e-commerce baru bernama Haul yang dirancang untuk bersaing langsung denganĀ Temu, Shein, hingga TikTok Shop.
Sebagaimana dikutip dari Engadget pada hari Kamis (14/11/2024), CNBC melaporkan bahwa Amazon Haul hanya dapat diakses melalui perangkat seluler dan menjanjikan produk dengan “harga yang sangat murah”.
Dalam hal pengiriman produk, Amazon menjanjikan pesanan Haul akan dikirim dalam waktu kurang dari dua minggu, tetapi tidak secepat Amazon Prime.
Namun, untuk mendapatkan pengiriman gratis, pelanggan harus membeli barang dengan Haul seharga USD 25 per pesanan.
Amazon tidak akan memberikan pengembalian uang jika nilai barangnya kurang dari USD 3. Selain itu, biaya pengiriman akan menjadi USD 3,99 untuk pesanan yang lebih sedikit.
Perusahaan dapat memperoleh posisi menguntungkan di pasar yang tampaknya ramai jika konsumen beralih ke Amazon Haul. AS dan Uni Eropa telah menetapkan target regulasi mereka untuk Temu.
Dalam laporan sebelumnya yang disiarkan oleh CNBC, Amazon sedang menjajaki etalase di mana produk akan dijual langsung ke pelanggan AS dari China. Namun, Amazon tampaknya sekarang bertindak sebagai perantara dan melakukan impor.
Peluncuran platform ini diharapkan dapat memberikan kompetisi yang lebih ketat di pasar e-commerce, terutama dalam segmen produk konsumen yang populer di kalangan pengguna digital.
Sumber Liputan6